Minggu, 13 Januari 2013

Perangkat Keras
Dari Wikibooks Indonesia, sumber buku teks bebas berbahasa Indonesia

Hampir seluruh aspek kehidupan manusia saat ini tidak dapat dilepaskan dari teknologi, khususnya teknologi komputer. Dapat dilihat bahwa untuk menuliskan suatu dokumen, orang cenderung sudah meninggalkan mesin ketik manual dan sudah digantikan perannya oleh komputer. Kasir di suatu pertokoan besar (supermarket) sudah menggunakan peralatan otomatis berupa komputer yang didisain khusus untuk keperluan itu. Kumpulan lagu-lagu yang sebelumnya hanya dapat didengarkan melalui media kaset atau piringan hitam, saat ini sudah mulai dikemas dalam bentuk compact disk (CD) yang dapat didengarkan dengan menggunakan komputer multimedia. Belum lagi perkembangan teknologi komputer di bidang kesehatan yang maju sangat pesat untuk membantu diagnosa penyakit dan proses penyembuahnnya. Dan masih banyak lagi bidang-bidang kehidupan manusia yang saat ini sudah menggunakan peralatan komputer.

Definisi Komputer Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon).

Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Dan masih banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang komputer. Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.

Dari definisi tersebut terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan data, dan informasi (output). Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau elecronic data processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya. Data masih belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut.

Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berati, yaitu berupa suatu informasi. Dengan demikian, informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Oleh karena itu, pengolahan data elektronik adalah proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih bermakna berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.

Sistem Komputer

Supaya komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk suatu sistem yang disebut dengan sistem komputer. Secara umum, sistem terdiri dari elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut.

Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware. Perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu, dan brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.

Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akan berarti apa-apa, hanya berupa benda mati. Kedua perangkat keras dan lunak juga tidak dapat berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikannya.

Perangkat Keras adalah bagian2 dari material komputer. Komponen2 ini mempunyai massa dan akan diinstalasi dengan obeng. Setiap perangkat keras memiliki garansi .
Pengenalan Hardware Komputer Secara ringkas maka sistem komputer terdiri atas tiga bagian penting yaitu
Perangkat keras : Unit pemrosesan sentral (CPU)/Perangkat keras: Prosesor
Perangkat keras : Memori ROM dan RAM
Perangkat keras : Input/Output
Dimana bagian CPU/Processor, Memori dan Port I/O terletak (terpasang) pada Mother Board, selanjutnya akan diperinci bagian-bagian dari Komputer tersebut :
>> Central Processing Unit / Processor
Merupakan bagian utama dari komputer karena processor berfungsi untuk mengatur semua aktifitas yang ada pada komputer. Satuan kecepatan dari processor adalah MHz (Mega Hertz) atau GHz(1000 MegaHertz), dimana semakin besar nilainya semakin cepat proses eksekusi pada komputer.

>> Memori
Memori berfungsi untuk menyimpan data dan program. Memori beraneka tipe dari yang tercepat aksesnya sampai yang terlambat.
Tercepat: Chace Memory dan Main Memory
Terlambat: Sekunder Memory
Selain menyatakan hubungan kecepatan, hirarki tersebut juga menyatakan hubungan – hubungan lain, yaitu :
Hubungan Harga : Semakin kebawah adalah harganya semakin murah. (Harga dihitung berdasarkan rupiah per bit data disimpan).
Hubungan Kapasitas : Semakin keatas umumnya kapasitasnya semakin terbatas.
Hubungan frekuensi pengaksesan : Semakin keatas semakin tinggi frekuensi pengaksesan.
Setiap kali pemroses melakukan eksekusi, pemroses harus membaca instruksi dari memori utama. Agar intruksi dapat dilakukan secara cepat maka harus diusahakan instruksi tersedia di memori pada hirarki berkecepatan akses lebih tinggi. Kecepatan eksekusi ini akan meningkatkan kinerja system. Untuk itu terdapat konsep memori dua level, yaitu ditampung dulu sementara di memori pada hirarki lebih tinggi.
Definisi
Perangkat Lunak adalah kebalikan dari Perangkat Keras yakni bagian2 yg non material dari komputer. Seperti : BIOS, Sistem operas dan program-program. Perangkat Lunak akan diinstalasikan ke dalam komputer melalui'Keyboard" dan "Mouse".Tidak ada perusahaan pembuat perangkat lunak yg bisa memberikan garansi bahwa perangkat lunaknya 100% tidak memiliki kesalahan.

Perangkat lunak multimedia dikelompokkan menjadi 3 yaitu :
Bahasa pemrograman multimedia
Merupakan bahasa-bahasa yg dipakai programmer untuk menuliskan kumpulan-kumpulan instruksi  (program) dalam multimedia.
Menurut tingkatannya, bahasa programan multimedia dibedakan menjadi 2 macam :
bahasa pemrograman tingkat rendah
Contoh : Assembly (dekat hubungannya dgn bahasa mesin)
Biasa digunakan untuk membuat game (Nintendo Entertainment System / NES, SEGA’s dan Genesis)
bahasa pemrograman tingkat tinggi
Contoh : C, C++ dan Visual C++

Hampir semua perangkat kelas dunia dari web browser dibuat dgn Visual C++.
Contoh lain : Power Builder, Delphi, SQL Windows, Visual Basic, Java
 
2.  Perangkat lunak system

Perangkat lunak sistem terdiri dari sistem operasi dan program utility. Sistem operasi merupakan suatu system yg terdiri dari komponen-komponen software yg berfungsi untuk mengontrol seluruh kegiatan di dalam komputer. Sistem operasi yang banyak dipakai dalam komputer multimedia antara lain :

DOS (Disk Operating System)
Windows 95/98/2000
Windows XP dan Windows NT
Windows CE
Palm OS
Macintosh (Mac.) OS
UNIX
LINUX

3. Perangkat lunak aplikasi multimedia
Merupakan program-program yg dibuat oleh personal atau pabrik komputer untuk user yg dipakai/beroperasi dalam bidang-bidang multimedia yg sfesifik. Misalnya :

a. Perangkat lunak pengolah teks
- Wordstar

- Word Perfect

- Microsoft Word

b. Perangkat lunak pengolah grafik 2D

- Photoshop

- CorelDRAW

- Macromedia Freehand

c. Perangkat lunak modeling dan animasi

- 3D Studio Max (standard modelling 3D)

- MAYA (game, animasi 3D dan efek-efek visual)

- Soft-Image (Animasi karakter)

- Light-Wave (iklan TV, Film : Babylon5, Titanic, beberapa game)

d. Perangkat lunak pengolah editing

Terdiri dari perangkat lunak editing suara dan editing video

Goldwave (perangkat lunak editing audio yg sederhana. Kemampuan : trimming, denoising, normalizing)

CoolEdit (paling populer. Fasilitas : filter, multi track, edit view, parametric EQ, organizer, mixer)

WaveLab (perangkat lunak audio profesional. Cocok untuk musisi profesional. Digunakan pada studio broadcasting, matering house, pabrik produksi CD, studio proyek, dll)

Sonar (merupakan pengganti seri Cakewalk Pro Audio yg mendukung audio dan MIDI track tak terbatas)

Ulead VideoStudio (menyediakan pilihan terbanyak pada perekaman)

Pinnacle Studio (perangkat lunak editing video yg cocok untuk perusahaan kecil dan pribadi, mudah dipahami)

Targa 3000 (merupakan editing dan compositing profesional dari pinnacle yg memadukan perangkat keras dan perangkat lunak)

Adobe Premiere (paling banyak digunakan di pasaran saat ini. Versi terbaik Adobe Premiere 6.5 dgn pilihan rela-time preview, title disigner, output DVD, dll)

Final Cut Pro (perangkat lunak editing video dan film profesional yg menerima penghargaan Emmy Engineering 2002 untuk dampaknya di industri TV dan Academy of Television Arts & Sciences)

Avid Xpress DV (dibangun pada arsitektur real-time secara revolusioner yg memberikan lebih dari 100 efek real-time yg berorientasi pemakai, color correction, vector-scope analisis, dll)
e. Perangkat lunak authoring multimedia

Peralatan authoring serupa dgn bahasa pemrograman yg memungkinkan integrasi teks, video, audio dan animasi ke dalam presentasi yg interaktif. Authoring merupakan aplikasi komputer yg memberikan peluang bagi pemakai untuk mengembangkan sebuah perangkat lunak dgn dragging dan dropping.
Peralatan authoring dikelompokkan menjadi 3 kategori :
1. Authoring berbasis halaman
- HyperCard
- Toolbook Assistant

2. Authoring berbasis icon
- Authorware
- Microsoft Power Point

3. Authoring berbasis waktu
- Macromedia Director
- Macromedia Flash

4. Authoring DVD
- Pinnacle Impreesion DVD
- Sonic ReelDVD
- Ulead DVD Workshop

f. Perangkat lunak berbasis web :

Macromedia Flash
Microsoft Front page
Macromedia Dreamweaver
Apa yang dimaksud dengan Multimedia?
MULTIMEDIA diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia dalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks,garafik,suara,video, dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool]) dan koneksi (link]) sehingga pengguna dapat ber-(navigasi), berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning. Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsumsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sens rialistis. Bau mulai menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input penditeksi bau, seorang operator dapat mengirimkan hasil digitizing bau tersebut melalui internet. Pada komputer penerima harus tersedia perangkat output berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer, alat ini menjadikan feromon-feromon bau sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan melainkan aroma. Disini dapat digambarkan bahwa multimedia adalah suatu kombinasi data atau media untuk menyampaikan suatu informasi sehingga informasi itu tersaji dengan lebh menarik.